Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sampai Panen Dosa


Jangan membicarakan aib saudara kita, tanpa alasan yang dibenarkan syariat, seburuk apapun dia dalam pandangan kita. Karena boleh jadi, saat kita membicarakannya, pada saat yang sama Allah telah mengapuni dosa-dosanya karena tobat yang dia lakukan. Jika demikian, dia panen pahala, kita malah panen dosa.

Sesungguhnya, ketika kita mengghibahi saudara kita yang lain, kita sebenarnya tengah mentransfer pahala kita kepadanya dan mengambil dosa darinya. Jika sering-sering dilakukan, kita akan menjadi orang merugi lagi bangkrut. Allah Ta’ala pun mensifati pelaku ghibah sebagai pemakan bangkai saudaranya.

Maka, cukuplah firman Allah Azza wa Jalla sebagai peringatan:

"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah kamu mencari kesalahan orang lain dan jangan di antara kalian menggunjing sebagian yang lain. Apakah di antara kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? tentu kalian akan merasa jijik. Bertakwalah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat dan Maha Penyayang." (QS Al-Hujurât, 49:12)

         •┈┈┈┈• ❀ 💫⭐💫 ❀ •┈┈┈┈•

BOLEH DI-SHARE tanpa menambah, mengurangi, dan mengubah konten serta menghilangkan sumbernya.