Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serial Cahaya Pagi 1


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَمْ تَقُوْلُوْنَ اِنَّ اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطَ كَانُوْا هُوْدًا اَوْ نَصٰرٰى ۗ    قُلْ ءَاَنْتُمْ اَعْلَمُ اَمِ اللّٰهُ ۗ    وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ كَتَمَ شَهَادَةً عِنْدَهٗ مِنَ اللّٰهِ ۗ    وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ 

"Ataukah kamu (orang-orang Yahudi dan Nasrani) berkata bahwa Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya adalah penganut Yahudi atau Nasrani? Katakanlah, “Kamukah yang lebih tahu atau Allah, dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang menyembunyikan kesaksian dari Allah yang ada padanya?” Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan."
QS. Al-Baqarah[2]:140

Ada kebesaran Allah sekaligus bentuk kepada mahluk – mahluk Nya namun di tangan manusia seringnya jadi objek sumpah serapah. Apa itu?

Hujan. Kala hujan turun, terutama yang deras, seringkali direspon dengan gerutuan. Ada yang mengeluhkan karena hujan sudah membuat keberangkatannya ke rumah teman tertunda.

Hujan juga kerap kali disalahkan serta dijadikan sasaran caci maki lantaran turun saat sedang menyelenggarakan sebuah acara semisal pernikahan atau outing.

“Gara – gara hujan acaraku pergi ke mall jadi gagal.”
“Jemuran banyak dan belum ada yang kering. Stok di almari juga sudah habis, dari kemarin hujan terus.”

Padahal hujan adalah rahmat Allah kepada seluruh alam. Tanpa kita sadari, hujan yang Allah turunkan punya peran penting agar kita tetap bisa mandi, minum, makan.

Dari hujan, Allah aliri sawah – sawah sehingga bisa ditanami padi. Tidak kebayang bagaimana jadinya jika Allah tahan hujan dan bikin jutaan hektar tanah pertanian kering. Padi pun tak dapat tumbuh.

Tak tumbuhnya padi, bisa jadi menjadi ancaman bagi stabilitas kehidupan. Taka da panen, tak ada beras. Maka kelaparan menjadi momok yang menakutkan.

Namun karena sempitnya pengetahuan yang kita miliki, hujan kita jadikan biang kerok kegagalan dari rencana yang sudah kita susun. 

Jadi siapa yang lebih tahu? Kita atau Allah?

- selamat beraktivitas -

- SILAKAN SHARE JIKA BERMANFAAT -