Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serial Cahaya Pagi 8


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ    وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ    يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ    وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ 


"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

QS. Al-Baqarah[2]:185


Allah mencintai orang-orang yang taqwa. Saking cintanya, Allah berikan keringanan dan kemudahan untuk taat. Yang paling penting mau taat. Orang yang mau taat pasti berusaha. Bagaimanapun kondisinya, pasti berusaha. 


Yang punya fisik oke, puasa sehari penuh. Jika sedang dalam perjalanan yang sangat jauh dan berat,  tidak puasa diperbolehkan, namun mengganti di hari lain. Yang sedang menyusui atau hamil, dan tak sanggup berpuasa, bisa membayar fidyah (memberikan bahan makanan) untuk fakir miskin. 


Titik tekan ada pada menjalankan ketaatan (taqwa). Sedangkan cara, sesuai dengan situasi si hamba itu sendiri. Sangat memudahkan untuk mengaplikasikannya. 


Apa hikmahnya? 

Allah sangat mengapresiasi setiap usaha kita untuk bertaqwa, sekecil apapun itu. Dulu tidak pernah sholat, sekarang sudah sholat meski masih bolong - bolong. Dulu ngga pernah shodaqoh, sekarang sudah mulai shodaqoh meski cuma sebulan sekali. 


Apa apresiasinya? 

Semua hal - hal baik yang melekat pada diri kita hari ini : punya sahabat yang baik, badan yang sehat, suami yang lembut, anak - anak yang nurut dan mudah dididik, rasa cukup pada rezeky yang Allah berikan. Bukankah ini anugerah yang luar biasa dari Allah. 


- selamat beraktivitas -


- SILAKAN SHARE JIKA BERMANFAAT -